Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mental Kamu

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mental Kamu dengan Baik

Kesehatan mental yang baik mempengaruhi cara pikir, perasaan, dan tindakan kita. Kesehatan mental juga mempengaruhi cara kita menangani stress, berkomunikasi dengan orang lain dan cara kita membuat keputusan. Kesehatan mental penting di setiap tahap kehidupan, dan harus kita perhatikan. Berikut adalah tips untuk menjaga kesehatan mental kamu.

 

Tidur yang cukup

Tidur sangatlah penting bagi Kesehatan fisik maupun mental kita. Tidur membantu mengatur kimia di otak yang mengirimkan informasi. Kimia ini penting dalam mengatur emosi dan suasana hati. Saat kita tidak cukup tidur, kita mulai merasakan depresi dan cemas.

 

Makan makanan yang bergizi

Makanan bergizi tidak hanya penting bagi tubuh, tapi penting bagi pikiran kita. Kekurangan zat mineral seperti zat besi dan vitamin B12 dapat memperburuk suasana hati. Coba konsumsi diet yang seimbang. Jika kamu merasa kamu mudah stress dan cemas, coba kurangi konsumsi kafein karena dapat membuat kamu merasa cemas dan gelisah.

 

Hindari rokok, alcohol, dan narkoba

Merokok dan alkohol dapat mempengaruhi Kesehatan mental kita. Setelah kamu mengkonsumsi beberapa gelas alkohol kamu dapat merasakan lebih depresi dan gelisah keesokan harinya, kamu juga akan lebih susah untuk berkonsentrasi. Minum terlalu banyak dan sering dapat membuat kamu kekurangan thiamin. Thiamin penting bagi fungsi otak dan kekurangan thiamin dapat menyebabkan masalah daya ingat, masalah dengan koordinasi, masalah mata dan kebingungan.

 

Jika kamu merokok, tubuh dan otak dapat merasakan suasana hati yang tidak baik.

Narkoba juga mengurangi suasana hati dan memberikan kegelisahan. Efek yang lebih parah adalah paranoid dan halusinasi. Ada hasil penelitian yang menyebutkan bahwa narkoba dapat menyebabkan penyakit jiwa seperti schizophrenia.

 

Dapatkan banyak sinar matahari

Sinar matahari adalah sumber vitamin D. Vitamin D penting bagi tubuh dan otak kita. Vitamin D membantu otak untuk melepaskan kimia seperti serotonin dan endorphin yang memperbaiki suasana hati. 30 menit hingga 2 jam per hari adalah waktu optimal.

 

Mengelola Stres

Terkadang stress adalah hal yang tidak bisa dihindari, tapi mengetahui apa pemicu stress kamu adalah kunci untuk menjaga Kesehatan mental. Coba untuk mengelola kesibukan kamu dengan membuat schedule yang baik. Saat kamu stress coba tulis apa permasalahannya, biasanya saat kita menulis sesuatu kita dapat menyadari bahwa hal itu dapat diatasi. Jika kamu mengalami kesulitan tidur karena permasalahan kamu, tulis dan yakinkan diri kamu bahwa kamu dapat mengatasinya besok pagi.

 

Rajin berolahraga

Olahraga penting untuk menjaga Kesehatan mental kamu. Menjadi seseorang yang aktif tidak hanya memberikan perasaan prestasi bagi kamu tapi juga memberi dorongan pada kimia di otak untuk tetap memberikan suasana hati yang baik. Olahraga dapat mengurangi kecemasan, stress, perasaan capek dan malas. Juga memiliki hubungan dengan umur yang lebih Panjang. Kamu tidak perlu olahraga terlalu berat. Jalan dan olahraga ringan lainnya sudah cukup.

 

Lakukan sesuatu yang kamu sukai

Sisakan waktu untuk melakukan hal yang kamu sukai. Seperti menggambar, jalan, menonton film seri yang kamu sukai.

 

Bersosialisasi

Usahakan untuk menjaga hubungan baik dan bersosialisasi. Memiliki teman adalah hal penting untuk harga diri kamu, selain itu kamu juga dapat mendapatkan dukungan disaat kamu tidak merasa terlalu baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa berbicara ke orang lain hanya dengan sepuluh menit dapat memperbaiki daya ingat dan hasil ulangan.

 

Lakukan sesuatu untuk orang lain

Membantu orang lain tidak hanya baik bagi orang yang dibantu, tapi baik bagi kamu juga. Membantu orang dapat memperbaiki harga diri kamu dan membuat kamu merasa lebih penting bagi dunia. Perasaan bahwa kamu adalah bagian dari satu komunitas adalah hal yang penting bagi kesehatan mental. Kamu dapat mencoba bakti sosial atau menjadi tetangga yang baik.

 

Meminta bantuan

Salah satu hal terpenting untuk Kesehatan mental kamu adalah untuk menyadari saat kamu sedang merasakan depresi dan tahu kapan anda membutuhkan bantuan orang lain. Tidak ada salahnya meminta bantuan orang lain saat anda merasakan stress atau depresi. Semua orang pernah mengalami perasaan stres. Coba berbicara dengan orang terdekat seperti keluarga atau teman.