Posisi Tidur Terbaik bagi Tubuh Anda

Posisi Tidur Terbaik bagi Tubuh Anda

Posisi tidurmu dapat berpengaruh pada kesehatanmu. Posisi tidur yang buruk dapat menyebabkan sakit punggung dan leher, kelelahan, kesulitan tidur, nyeri di otot, sakit kepala, sakit maag dan bahkan keriput prematur.

Ingin tahu posisi tidur apa yang terbaik? Cek rankingnya dibawah.

1. Posisi tidur di atas punggung (Telentang)

tidur-telentang

Walaupun bukan posisi yang paling populer (hanya 8% orang di dunia). Inilah posisi tidur terbaik. Tidur telentang membiarkan leher, kepala dan tulang belakang pada posisi netral. Artinya, tidak ada tekanan lebih pada bagian-bagian tersebut, jadi kecil kemungkinannya bagi kamu untuk mengalami nyeri di bagian tersebut. Tidur posisi ini juga baik bagi penderita sakit maag, tapi pastikan kamu menggunakan bantal agar makanan dicerna dengan baik.

 

2. Tidur menyamping

Posisi ini juga cocok bagi penderita sakit maag. Posisi ini juga membuat anda lebih tidak ngorok, karena pernafasan lebih terbuka. 15% orang dewasa tidur menyamping, tapi posisi ini dapat menyebabkan keriput karena sebagian dari muka kita tertekan pada bantal.

 

3. Posisi tidur janin

tidur-menyamping

41% orang dewasa tidur dengan posisi ini. Jika kamu sedang hamil, tidur dengan posisi ini menghadap ke kiri adalah posisi yang baik karena memberikan sirkulasi yang baik pada tubuh dan janin. Posisi ini juga baik pada orang yang ngorok, tetapi jika kamu meringkuk terlalu ketat pernafasan dapat menjadi lebih sempit. Selain itu, kamu bisa lebih nyeri di pagi hari, terutama jika kamu mengalami artritis dan nyeri pada sendi dan punggung.

 

4. Posisi tidur Tengkurap

tidur-tengkurap

Walaupun posisi ini baik untuk orang yang ngorok, posisi ini adalah posisi tidur terburuk. 7% orang dewasa tidur dengan posisi ini, tapi posisi ini menyebabkan sakit tulang dan punggung, karena sulit bagi tulang belakang untuk mencapai posisi netral. Orang yang tidur di atas perut juga memberi tekanan pada otot dan sendi, yang kedepannya dapat menyebabkan kesemutan, nyeri otot. Jika kamu tidur di posisi ini, ada baiknya mencoba posisi tidur lain.