cara merawat dirimu dengan baik

Bagaimana sih cara merawat dirimu dengan baik?

Kenapa Penting untuk Self Care?

Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh & mental, bukan hanya saat kita sakit tapi setiap harinya. Makan sehat, mengurangi stres dan olahraga dengan cukup agar kamu lebih bahagia & sehat.

 

Jadikan Tidur Bagian Penting dalam Rutinitas Self Care.

cara merawat dirimu dengan baik

Tidur mempengaruhi perasaan dan fisikmu. Kekurangan tidur dapat mengganggu kesehatan kamu. Stres dan gangguan lain dapat merusak jam tidurmu.

Bagaimana cara memperbaiki rutinitas tidur? Mulai dengan berpikir tentang rutinitas malammu. Apakah kamu tidur langsung setelah makan? Apakah kamu mengkonsumsi kafein dan gula beberapa jam sebelum tidur?

Mengurangi stres juga sebuah kunci. Jika kamu memiliki stres di tempat kerja, pikirkan cara relaksasi sepulangnya dirumah. Kamu juga dapat mendiskusikan dengan bos kamu jika kamu memiliki beban kerja yang terlalu besar.

Jika kamu mengalami banyak pikiran saat tidur, kamu dapat mencoba menggunakan selimut berat untuk mengurangi kecemasan dan menenangkan diri agar dapat tidur lebih cepat.

 

Cintai Dirimu dengan Menjaga Usus dengan Baik

cara merawat dirimu dengan baik

Kesehatan usus dapat mempengaruhi kesehatan tubuhmu. Makanan yang kamu makan mempengaruhi bakteri yang hidup di perutmu, hal ini dapat menyebabkan hal negatif atau positif pada tubuh. 

 

Olahraga Setiap Hari sebagai Rutinitas Self Care

cara merawat dirimu dengan baik

Kita semua tahu bahwa olahraga baik bagi tubuh kita. Olahraga setiap hari dapat membantu kesehatan fisik dan mental, memperbaiki mood dan mengurangi stres dan kecemasan, selain itu dapat juga mengurangi berat badanmu.

Tentunya tidak mudah untuk berolahraga setiap hari, jadi coba menggabungkan olahraga dengan susunan acara. Hal yang terpenting adalah untuk membuat rutinitas yang cocok untukmu.

 

Makan - Makanan Bergizi

cara merawat dirimu dengan baik

Makanan yang kita konsumsi berpotensi untuk menyehatkan dan berkontribusi ke berat badan kita. Selain itu makanan yang bergizi dapat membuat otak lebih waspada. Makanan makanan yang tepat dapat menguatkan daya ingat. Makanan yang baik bagi otak adalah ikan, kacang-kacangan, bluberi, sayur-sayuran hijau, dan brokoli.

 

Bilang 'Tidak' Pada Ajakan Orang, dan 'Iya' pada Self Care

cara merawat dirimu dengan baik

Menolak ajakan orang terkadang sulit, karena kita seperti diwajibkan untuk bilang ‘iya’ saat diajak orang. Namun, jika kamu sedang mengalami stres dan lelah, berkata ‘iya’ pada setiap ajakan dapat membuat kamu merasa kelelahan & stres. Mungkin butuh sedikit latihan, tapi jika kamu telah belajar untuk menolak ajakan orang dengan sopan, kamu akan merasa lebih percaya diri dan memiliki lebih banyak waktu untuk self-care.

 

Masak Dirumah untuk Perawatan Diri

cara merawat dirimu dengan baik

Banyak orang tidak memiliki waktu untuk memasak untuk diri sendiri, lebih memilih untuk mengojek makanan. Tapi makanan 'cepat' ini tidak cukup memberikan nutrisi dan kalori pada tubuh. Walaupun hanya seminggu, cobalah memasak makanan sehat untuk dirimu atau keluargamu.