Tips dan Cara Menggunakan Selimut Berat

Tips dan Cara Menggunakan Selimut Berat

Beberapa dari Anda mungkin masih bingung bagaimana cara menggunakan selimut berat? Kali ini kita akan bahas mengenai tips dan cara menggunakan selimut berat. Umumnya selimut berat dapat digunakan sama seperti selimut biasa. Namun ada beberapa tips nih supaya penggunaan selimut berat tetap efektif untuk kesehatan tidur Anda. Simak tips dan caranya berikut ini:

Ketika menggunakan selimut berat, tutupi seluruh bagian tubuh Anda

Untuk mendapatkan efek relaksasi maksimal, selimuti seluruh tubuh Anda dari bahu hingga ujung kaki. Namun jika belum terbiasa menggunakan selimut hingga tertutup seperti itu, dalam beberapa hari pertama Anda bisa menyelimuti tubuh setengah badan saja.

 

Gunakan selimut dengan konsisten setiap hari

Berapa lama Anda harus menggunakan selimut berat untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik? Jawabannya adalah tergantung Anda sendiri. Tekanan ringan dari selimut berat akan memberikan efek relaksasi secara instan. Untuk mendapatkan efek jangka panjang Anda harus secara rutin menggunakan selimut berat, jika digunakan secara rutin Anda akan terbiasa bangun tidur dengan keadaan yang lebih rileks.  

 

Posisi tidur Anda juga perlu diperhatikan

Bagaimanapun posisi tidur Anda, selimut berat akan tetap bisa dirasakan mafaatnya ketika digunakan. Jika posisi tidur Anda menyamping sebaiknya gunakan selimut berat dengan ukuran yang lebih kecil. Namun jika Anda terbiasa tidur dengan terlentang gunakan selimut berat dengan ukuran normal saja. Karena ketika posisi tidur Anda terlentang, berat selimut tersebut akan merata keseluruh bagian tubuh Anda.

 Snoro Sleep

Bagaimana Cara Memilih Selimut Berat?

Beberapa dari Anda mungkin masih kebingungan bagaimana cara memilih selimut berat? Anda juga mungkin takut jika menggunakan selimut berat Anda akan kepanasan atau merasa gerah. Ketika Anda ingin memilih selimut berat, pertimbangkan beberapa faktor berikut:

  1. Berat:

    Untuk kenyamanan yang optimal, berat selimut harus sesuai dengan berat badan Anda. Berat selimut yang optimal adalah 10% dari berat badan Anda. Biasanya sekitar 5kg hingga 7kg bagi orang dewasa.
  2. Bahan:

    Bahan selimut berat harus nyaman dan tidak panas sehingga ketika digunakan tidak akan membuat gerah. Snoro memiliki kualitas bahan katun yang bagus, ketika Anda menggunakan selimut berat Snoro Anda akan tetap merasa sejuk. Begitupula dengan sarungnya yang dapat membantu mengedarkan udara dari tubuh Anda.
  3. Konstruksi:

    Bahan dari isian selimut harus terdistribusi secara merata.

Notes: Jika Anda merasa tidak dapat bergerak saat di dalam selimut, gantilah selimut berat dengan ukuran yang lebih kecil dari berat badan Anda.

 

Snoro Sleep

Manfaat dari Selimut Berat

Jika Anda terbiasa tidur menggunakan selimut, Anda pasti akan merasakan perbedaan selimut berat dengan selimut biasa. Selimut berat memberikan efek ‘deep pressure stimulation’ untuk memeluk dan merelaksasi kita. Tekanan ringan ini menenangkan sistem saraf kita, dan dapat mengeluarkan seorotonin dari tubuh yang dapat mengurangi stress.

Karena efeknya yang luar biasa, selimut berat menjadi terapi alternatif yang popular bagi orang yang mengalami kecemasan, insomnia, restless leg syndrome, ADHD dan autism. Anggap saja sebagai bantuan agar Anda bisa tidur dengan lebih nyaman dan bangun dengan rilex setiap hari