Kebiasaan Yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Mereka Tidur

Kebiasaan Yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Mereka Tidur

Cara terbaik untuk mencapai kesuksesan ialah dengan mengikuti bagaimana orang-orang sukses menggapai mimpi-mimpinya. Tentu saja seperti mengikuti apa yang mereka baca, cara mereka berpikir, kebiasaan yang biasa dilakukan, bahkan waktu tidur nya.


Ternyata ada banyak hal yang biasa dilakukan orang sukses dunia sebelum mereka tidur loh!


Misalnya, Bill Gates diketahui hanya menghabiskan waktu tidur selama 7 jam, kemudian miliarder dunia Richard Branson hanya 5 jam tidur dalam sehari, dan bahkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang diketahui hanya tidur 3 jam dalam sehari.

 

Kebiasaan Membaca Buku Sebelum Tidur

membaca buku sebelum tidur

Banyak orang sukses percaya bahwa membaca selain menambah ilmu dapat meningkatkan kreativitas dan semangat hidup. Misalnya, Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama diketahui suka membaca setengah jam sebelum waktu tidur. Dari kebiasaannya ini, ia berhasil membaca sebuah buku setiap minggu. Coba bayangin kalo kamu rutin melakukan kebiasaan ini, berarti dalam satu tahun kamu berhasil mebaca buku berapa banyak?

 

Mereka Tidak Menggunakan Gadget

matikan gadget sebelum tidur

Menurut sebuah penelitian, layar digital apapun tidak baik digunakan saat sebelum tidur. Sebab, cahaya biru yang diproduksi oleh gadget memiliki efek yang sama seperti cahaya matahari. Dimana ia memberitahu otak untuk berhenti memproduksikan melatonin, hormon yang dibutuhkan untuk meregulasikan ritme sirkadian dan memberitahu tubuh kapan waktunya tidur tidur.
 

 

Mereka Berhenti Melakukan Aktifitas Berat

berhenti lakukan aktifitas berat

Orang sukses tidak beraktifitas yang berat sesaat sebelum tidur. Karena menurut penelitian, jika kamu terus saja bekerja hingga sesaat sebelum tidur. Makan kamu akan dapat kesulitan untuk mendapat relaksasi. Biasakanlah memberi waktu untuk bersantai setidaknya setengah jam sebelum tidur.
 

 

Mereka Membuat Daftar Tugas

CEO The American Express Kenneth I. Chenault suka mengakhiri malamnya dengan cara yang sederhana yakni membuat jadwal perencanaan untuk esok hari. Ia biasa menulis rencana sedikitnya tiga hal yang ingin dilakukan pada hari selanjutnya.

membuat rencana

Dalam sebuah studi yang mengumpulkan para murid SMA untuk mengatur perencanaan setiap malam memiliki dampak bagus. Setelah melakukannya selama empat tahun hingga kuliah, mereka dengan management waktu yang baik mempunyai nilai lebih tinggi daripada lainnya.
 

 

Meluangkan Waktu Untuk Berbicara Bersama Keluarga

keluarga

Penting bagi kita untuk menghabiskan waktu dengan keluarga, seperti berbicara dengan istri dan anak, bahkan bermain dengan hewan peliharaanmu. Kalian bisa membicarakan tentang masing-masing kesibukan yang di kerjakan hari ini, atau sekedar membicarakan rencana tugas untuk hari selanjutnya.


 

Mereka Meluangkan Waktu Untuk Berjalan Pada Malam Hari

berjalan malam hari

Jalan di malam hari dapat menjadi cara bagi tubuhmu untuk bersantai dan berhenti berpikir tentang pekerjaan. Walaupun banyak yang bilang bahwa berolahraga sebelum tidur dapat menyulitkan proses tidur, menurut National Sleep Foundation yang menyebutkan bahwa jalan dapat mengurangi stres dan kecemasan di dalam diri.
 

 

Merefleksikan Hal Baik Yang Terjadi

berpikir positif

Banyak orang sukses menulis hal baik yang terjadi padanya dihari itu, dan bersyukur. Meski terkadang ia juga merasakan betapa buruknya harinya. Namun, biasanya orang sukses cenderung menghindari pikiran negatif untuk menghindari stres. Jadi, tetap ingatlah untuk bersyukur akan apapun yang telah kamu lalui di hari ini, entah itu baik ataupun  buruk.


 

Mereka Luangkan Waktu Untuk Bermeditasi

meditasi

Meditasi bisa membuat pikiran lebih tenang sehingga tidur semakin pulas. Oprah Winfrey membuat jadwal untuk meditasi demi meredakan stres. Studi di 2014 mengungkapkan bahwa 19 ribu kasus terselesaikan setelah pelakunya bermeditasi. Meditasi bisa meredakan stres, mencegah penyakit, hingga terhindari dari depresi.

 

Mereka Membersihkan Diri Sebelum Tidur

bersihkan diri

National Sleep Foundation merekomendasikan kita untuk membuat rutinitas bersih-bersih diri ketika sebelum tidur. Hal seperti menggosok gigi, mencuci muka maupun menyisir rambut adalah hal yang cukup bermanfaat untuk dilakukan. 


 

Mereka Menghindari Konsumsi Alkohol

hindari alkohol

Walaupun Alkohol dapat membantu tidur lebih cepat, Namun, menurut National Institute of Health alkohol dapat mengurangi kualitas tidur. Alkohol membuat orang tidur tetap di tahap ringan dan membuat mereka terbangun dengan mudah. Sehingga akan sulit untuk mendapatkan deep sleep Ketika kamu mengkonsumsi Alkohol sebelum tidur.